Apa Arti Hidup ?

Posted by Blog Motivasi Diri Friday, February 8, 2013 26 comments

Pernahkah Anda bertanya kepada diri Anda sendiri; Apakah arti hidup ini? Saya dengar, banyak orang yang memiliki pertanyaan serupa itu. Namun, saya tidak begitu yakin jika setiap orang berhasil mendapatkan jawaban yang sama atas pertanyaan itu. Jadi, bagi Anda sendiri; apakah arti hidup itu?
arti hidup

Bak air di kamar mandi saya yang terbuat dari semen dan batu bata belakangan ini sering sekali mengalami kebocoran. Maka saya menggantinya dengan bak baru yang berbahan dasar fiber. Proses pergantian itu menghasilkan setumpuk puing yang teronggok disamping rumah kami. Sudah saya niatkan meminta bantuan tukang sampah untuk menyingkirkan puing itu. Namun saya belum bertemu dengannya dalam beberapa hari terakhir ini. Walhasil, puing-puing itu tetap teronggok disitu. Membuat pemandangan menjadi terganggu.

Pagi-pagi sekali terdengar seseorang tengah berteriak; ”Maaf Mas, puingnya masih akan digunakan oleh Bapak.” Perkiraan saya itu adalah suara Mbak yang membantu pekerjaan rumah tangga kami. Secara spontan saya menuju ke halaman depan. Beberapa orang dalam mobil bak terbuka telah bersiap meninggalkan rumah kami. ”Mas, Anda membutuhkan puing-puing itu?” saya bertanya. Saat mereka mengiyakan, saya mempersilakannya. Dan. Sejak saat itu, saya tidak lagi melihat puing-puing itu.

Saya tercenung selama beberapa saat. Sesuatu yang saya anggap tidak berguna, tanpa disangka dicari-cari oleh orang lain. Kalau dihitung biaya bahan bakar mobil dan ongkos kerja mereka, maka tidaklah mungkin mereka melakukannya jika tidak menemukan ’nilai ekonomi’ dari puing-puing itu. Maka kesimpulan saya; sesuatu yang saya anggap sampah bisa jadi merupakan benda berharga dimata orang lain.
arti hidup

Bukan sekali itu saya menganggap sesuatu tidak berharga. Bahkan lebih parahnya lagi, tidak jarang yang saya anggap tidak berharga itu adalah bagian dari diri saya sendiri. Misalnya, ketika saya merasa sebagai seorang pecundang, maka saya telah merendahkan nilai diri saya. Betapa seringnya juga saya merasa tidak berdaya untuk melakukan sesuatu. Seolah tangan ini. Kaki ini. Kepala ini. Dada ini. Semuanya tidak cukup berguna untuk menjadikan hidup saya bermakna. Padahal, seandainya saya mengumumkan di media masa: ”barang siapa yang menginginkan mata saya, silakan diambil saja,” maka saya yakin akan banyak sekali peminatnya. Tetapi, mengingat betapa saya sering menyepelekan makna mata ini bagi kehidupan saya, nyata sekali bahwa; saya tidak benar-benar menghargai anugerah yang telah Allah hadiahkan melalui mata saya. Astaghfirullah.

Bukti lain jika saya sering menyia-nyiakan cinta Allah adalah ketika saya begitu seringnya membiarkan kemampuan diri saya tersia-siakan. Mata saya tadi, lebih sering saya gunakan untuk melihat hal yang mungkin Allah tidak sukai. Telinga saya. Lebih sering saya gunakan untuk mendengarkan suara-suara yang negatif daripada yang positif. Jari jemari saya lebih sering dipakai untuk menuliskan kalimat-kalimat buruk daripada yang baik-baik. Sekujur tubuh saya juga begitu.

Saya sering sekali bertanya-tanya tentang ’apa arti hidup ini’. Sekarang saya mengerti, mengapa saya tidak kunjung menemukan jawabannya. Sebab seseorang hanya akan bisa menemukan apa arti hidupnya, jika dan hanya jika dia bisa memberikan arti dari setiap organ tubuh melalui kegunaannya. Dengan kata lain, ’arti hidup ini’ itu bukan untuk dicari definisinya. Melainkan untuk diciptakan oleh diri kita sendiri melalui tindakan yang kita lakukan dengan menggunakan sekujur tubuh kita. Baik tubuh kasar ragawi, maupun tubuh halus ruhani. Jadi, agak aneh jika kita terus mencari arti hidup tetapi kita terus menerus menyia-nyiakan hidup kita sendiri.

Jadi, sebenarnya apa sih arti hidup ini? Entahlah. Tergantung bagaimana kita menggunakannya saja. Jika kita menggunakan hidup untuk kebaikan, maka kita akan menemukan bahwa ’hidup ini memiliki arti yang baik’. Namun, jika kita menggunakannya untuk keburukan maka kita memberi arti sebaliknya. Maka pantaslah jika Allah memberi nilai yang berbeda-beda atas hidup yang telah diberikannya kepada setiap insan. Dan karena balasan Allah sangat ditentukan oleh bagaimana cara seseorang menggunakan hidupnya, maka baik dan buruknya kita dimata Allah sangat ditentukan oleh apakah kita menggunakan hidup kita untuk kebaikan atau keburukan, dan untuk saling mencintai.
arti hidup

Dengan demikian, tidak penting lagi untuk mencari apa itu arti kehidupan. Karena ternyata, justru tugas kitalah untuk memberikan arti kepada kehidupan yang telah dianugerahkan Allah dan terus memotivasi diri. Seperti kertas putih polos. Terserah kita mau menggoreskan tulisan seperti apa didalamnya. Karena bersama kehidupan, Allah memberi kita seperangkat kebebasan untuk memilih; apakah kita ingin kembali kepada Allah dengan catatan hidup yang baik atau tidak.

oleh: Dadang Kadarusman
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa Arti Hidup ?
Ditulis oleh Blog Motivasi Diri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://e-motivasidiri.blogspot.com/2013/02/apa-arti-hidup.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

26 comments:

Unknown said...

nice post. visit my new blog http://catatanmashendra.blogspot.com

Adhi Saputra said...

artikel yang sangat bagus. Mohon ijin untuk aku upload di blogku, http://adhiputrablog.blogspot.com

mandribuaton said...

aku juga sangat terharu dengan motivasi ini, sangat menyentuh hatiku,

sahiel si pencari jati diri said...

bagus sekali artikelnya :)

fandiplc said...

ALLAH berfirman: aq tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepadaq!,, jdi sudah jelas apa arti hidup ini.

Unknown said...

Subhanallah..

Ricchie Gotama Sihite said...

“hidup ini adalah permainan, siapa yang mengerti aturan main, dialah sang pemenang, dan pemenang itu adalah saya, harus saya~Ricchie Gotama Sihite”. http://ricchiegotamasihite.blogspot.com/2013/06/apakah-arti-hidup.html

Unknown said...

hidup adalah perjuangan.......

Adlan Hanun said...

nice !! visit my blog http://infomania-indonesia.blogspot.com/

Unknown said...

artikel yang sangat berkesan

Unknown said...

Maaf mas Ricchie GS, saya kira kalo cumang mengerti aturan main nya dowang, radanya masih kurang ya' . Saya pikir, kita mesti betul-betul berlatih dengan sungguh-sungguh untuk bisa jadi pemenang. Spa benat begitu, ya mas ? Matur nuwun....

sewamobilbekasi said...

Mantab

Unknown said...

Izin share kang!....

Anonymous said...

Semoga artikelnya bermanfaat bagi banyak orang, nice sharing...
visit my blog at www.yugoartono.com

Cokorda Gede Alit Semarajaya said...

Terimakasih. Bagiku Hidup adalah kejujuran dalam perbuatan untuk sebuah kebebasan

tafakkuri ahmad said...

Arti dari hidup yang sebenarnya untuk mengabdi kepada Allah Tuhan Semesta Alam ... :)

Unknown said...

Hidup itu artinya : sejak anda lahir hingga saat anda baca tulisan ini anda belum mati...
Uraian2 anda2 di atas adalah jawaban pertanyaan bagaimana anda2 beraktifitas mengisi hidup ini dg tujuan ato harapn hasil masing2....
Sepakat dg P Dadang, kita bebas mengisi hidup ini tpi tentu ada konsekwensinya sesuai pilihan niat dan cara ...

Unknown said...

Hidup itu artinya : sejak anda lahir hingga saat anda baca tulisan ini anda belum mati...
Uraian2 anda2 di atas adalah jawaban pertanyaan bagaimana anda2 beraktifitas mengisi hidup ini dg tujuan ato harapn hasil masing2....
Sepakat dg P Dadang, kita bebas mengisi hidup ini tpi tentu ada konsekwensinya sesuai pilihan niat dan cara ...

Unknown said...

Hidup itu artinya : sejak anda lahir hingga saat anda baca tulisan ini anda belum mati...
Uraian2 anda2 di atas adalah jawaban pertanyaan bagaimana anda2 beraktifitas mengisi hidup ini dg tujuan ato harapn hasil masing2....
Sepakat dg P Dadang, kita bebas mengisi hidup ini tpi tentu ada konsekwensinya sesuai pilihan niat dan cara ...

Lilly said...
This comment has been removed by the author.
Lilly said...
This comment has been removed by the author.
Lilly said...

ACEHPOKER

Telah Hadir Agen Poker,DominoQQ & BlackJack Online Terbaik dan
Terpercaya.

Hanya dengan Minimal Deposit 25 ribu dan Minimal Withdraw 25ribu anda dapat bermain di
acehpoker.com:
1. Acehpoker memberikan bonus Referral 10% (Seumur Hidup)
2. Sistem keamanan terjamin dan Data pribadiakan aman bersama kami.
3. Player Vs Player ( 100% No Robot)
4. Dengan Sistem Confirm Deposit terbaru Max 2 menit (Jika semua Nama di Id dan di bank
sama)
5. CS yang ramah dan Melayani dengan Professional
6. Online 365 Hari 24 Jam
7. Anda Menang berapapun Kami Bayar tanpa Maksimal Withdraw danTidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.
8. Dapat bermain 4 permainan hanya dengan 1 Web ,yaitu Poker , DominoQQ , Q-kick, Blackjack
9. Bisa bermain di Android dan IOS
10.Sistem pembagian Kartu menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random

Permanent (acak) , Dan tersedia Ratusan meja untuk tempat anda bermain

http://www.acehpoker.comAgen Poker,DominoQQ& Black Jack Online Terpercaya. , Ayo tunggu
apa lagi segera tunjukkan keahlian anda bermain Poker / Domino di
http://www.acehpoker.com
Bergabunglah dengan kami dan rasakan sensasi permainan Poker , DominoQQ , danCeme Player Vs Player Murni tanpa Bot 100% dan Raihlah kemenangan anda sebesar - besarnya.
Kami tunggu Kemenangan anda di http://www.acehpoker.com

Pin BBM : 563AB8CA

cindy armaya said...

Numpang ya min ^^

Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker,com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker,com!

WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER,COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER,COM

cici said...

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Putry Amouy said...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.com

lane hemings said...

"izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

Post a Comment